Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Basecamp Gunung Lawu

Foto:@khai_anggun

Gunung lawu sendiri memiliki beberapa basecamp diantaranya adalah cemoro sewu itu sendiri, selain cemoro sewu masih ada beberapa basecamp yang pendaki bisa lewati atau mengurus simaksi sebelum melakukan pendakian gunung lawu.

Berikut basecamp gunung lawu menurut lokasi administrasi:

Basecamp di Kabupaten Magetan yaitu cemoro sewu yang berada di Ngancar ini adalah desa paling barat di Magetan dan berbatasan langsung dengan jawa tengah yaitu tawangamngu. Untuk basecamp yang kedua adalah singolangu yang berada di desa singolangu, sarangan tidak jauh ini lokasinya dengan sarangan hanya bersebrangan sebenarnya kalo dari jalan utama.

Basecamp di kabupaten karanganyar meliputi cemoro kandang yang lokasi juga bersebelahan dengan cemoro sewu dan yang kedua adalah basecamp candi cetho yang berlokasi di gumeng, Jenawi.

• Transportasi Menuju Basecamp Cemoro Sewu
Untuk bisa sampai di cemoro sewu ada beberapa alternatif yaitu dengan naik kendaraan pribadi atau umum, pertama bila kamu naik kendaraan pribadi misal dari Solo bisa langsung arahkan kendaraan kamu menuju karanganyar - Tawangamngu sebelah kiri jalan perbatasan jateng jatim nanti ada tulisan Cemoro Sewu bisa langsung berhenti saja numpang selfi. Untuk yang naik kendaraan umum misal dari Jakarta dengan armada bus bisa naik bus STJ saja nanti bilang sama masnya turun depan cemoro sewu. Untuk yang menggunakan kereta bila turun di Solo bisa lanjut ke karanganyar (terminal) ojek ke Cemoro Sewu bagi yang turun magetan bisa langsung ojek saja sampai ke cemoro sewu.
  • Transportasi Menuju Basecamp Cemoro Kandang
Untuk akses transportasi ke cemoro kandang mungkin sama dengan cemoro sewu karena lokasi berdekatan.
  • Transportasi Menuju Basecamp Candi Cetho
Untuk kamu yang ingin ke candi cetho bila mana naik kendaraan umum dari Solo misalnya bisa lanjut naik angkot menuju kemuning (terminal) kemudian lanjut ojek ke candi cetho. Untuk yang bawa kendaraan pribadi bisa langsung arahkan kendaraan menunu karanganyar  nanti lewati sondokoro, alun alun ambil arah karangapandan - Kemuning - Canti Cetho. Kalo dari Magetan bisa langsung arahkan kendaran ke sarangan - jalan tembus - cemoro sewu - tawangamngun -pertigaan Sradon ikutin saja nanti arah kemuning - candi cetho.
  • Transportasi Menuju Basecamp Singolangu
Bagi yang ingin naik dari singolangu aksesnya bila dari Magetan bisa ojek saja misal dari terminal maospati langsung ojek lurus mentok sampai ketemu taman sarangan lurus arah TW tidak ada sekilo nanti kanan jalan ada jalan menuju singolangu. Kalo kamu dari karanganyar bisa ikuti jalur menuju sarangan namun sebelum masuk jalan menuju sarangan kamu bisa lihat kiri jalan ada desa singolangu.

Itulah basecamp yang ada di gunung lawu, buat kamu yang mau mendaki bisa memilih akan naik dari basecamp mana. Selamat mendaki sobat gunung